Read more: Agar Tulisan tidak bisa Dicopy - blogernas http://www.blogernas.co.cc/2010/03/agar-tulisan-anda-tidak-bisa-diculik.html#ixzz1BVHWlQlH Syndrome Ganas Itu Bernama Dismorfik ( KHUSUS WANITA) ~ CINTA DI UJUNG PENA

steeped word

Teruslah menulis,untai kata lebih bermakna

...

TERUSLAH MENULIS, RANGKAILAH KATA MENJADI BERMAKNA

Sabtu, 12 Maret 2011

Syndrome Ganas Itu Bernama Dismorfik ( KHUSUS WANITA)


SYNDROME GANAS ITU BERNAMA Dismorfik
( KHUSUS WANITA )

Hal yang biasa kita lihat dalam tayang televisi, siaran radio dan media cetak begitu banyak memuat iklan kecantikan, seakan tidak ada jedah space untuk komoditi komersial lainnya, tanpa kecuali iklan rokok sekalipun, hingga menyudutkan para pengusaha industri cengkeh dan tembakau yang mendiskrimasikan mereka dalam kancah jedah komersial disetiap program acara yang notabene memberikan sumbangsih cukai terbesar untuk negara ini. Seolah roko lebih berbahaya dibandingkan dengan iklan kosmetik, hingga akhirnya terbit revisi Kementerian Kesehatan menyiapkan RPP tentang pengendalian dampak tembakau, PP Nomor 19 Tahun 2003. Rancangan peraturan yang baru di antaranya akan mengatur larangan iklan, sponsor, dan promosi rokok di media massa.

Berbagai cara dilakukan, perangkap market gencar di tanam mulai dari menawarkan tagline – tagline yang genit, sengit hingga propokavif dengan memasang model-model yang cantik dan memenuhi standar arti ‘kecantikan’ yang ‘berani’ dengan fisik yang indah, menawan dan yang terpenting menantang, tanpa cacat fisik sedikitpun mulai dari ujung hidung sampai ujung-ujung yang lainnya, dan pada akhirnya tertanam image dalam pikiran wanita Indonesia bahwa arti cantik itu wanita yang ketiak-nya memakai deodoran merk A, bukan lagi menggunakan tawas, sampai underwear pun menjadi kendala utama, jika tidak mengenakan lebel designer ternama, terasa tidak nyaman untuk dipakai, ada saja yang nyelip.
Konsep physical beauty atau yang dikenal dengan istilah lain outer beauty merupakan salah satu produk dari sentra kapitalis yang mengkampanyekan bahwa keindahan tubuh wanita hanya sebatas kulit , bulu mata, rambut dan dada. Tanpa disadari innerbeauty tidak lagi menjadi persyaratan khusus dalam penerimaan lowongan kerja. Item yang menjadi prioritas utama adalah mereka wanita yang memiliki daya tarik khusus, agresif dan sedikit centil atau kreatif. Tak perlu lagi IPK, transkrip akademik yang hanya menjadi syarat pelengkap saja. Kasarnya, YANG TIDAK CANTIK dipersilahkan menjadi PRT dan TKW, syukur-syukur diterima menjadi buruh pabrik.

Iklan-iklan yang dimuat, menimbulkan keresahan tersendiri dan menyebabkan disonansi kognitif dalam benak penonton yang menyaksikan, wanita akan merasa tidak percaya diri lagi dan Pria hanya tergila-gila kepada wanita berkulit putih, pandai menghias diri dan tidak bau badan. Ini disebabkan wacana yang dibangun serta misi yang diemban serta pesan yang disampaikan dalam tayangan-tayangannya terkesan,”bahwa anda disebut cantik ketika segala kemilau pesona wajah dan tubuh yang sedikit agak terbuka dengan bibir yang merah merekah, berarti anda sudah mampu mengalihkan pandangan lelaki.” Saat itulah wanita berlomba-lomba untuk tampil cantik dan menawan, berbagai usaha akan ditempuh agar memenuhi standarisasi dan menyematkan predikat beautiful girl serta mampu membuat lelaki dahaga dengan birahinya.

Mulailah syndrome dismorfik dengan virus body dysorphicdis order mulai mengganggu psikiaterik yang membuat wanita begitu berlebihan dalam menjaga kecantikan tubuhnya, timbul jerawat satu di wajah merupakan satu malapetaka yang besar. Sedikit saja orang lain mengkritisi penampilannya, seakan memancing pertikaian besar dan menjadi satu benih permusuhan, terkesan syirik dengan kecantikan yang ia miliki. Padahal jika disadari kecantikan seorang wanita tidak terletak apa yang dikenakan, bukan pada pesonan kehalusan wajah dan bentuk tubuhnya,...

- Rambut yang kilaunya memikat adalah rambut yang menghiasi kepala yang selalu tunduk ketika menyapa orang.

- Mata yang indah, adalah mata yang selalu memandang kebaikan seseorang dan terjaga dari nakalnya memandang kelebihan sesorang menjadi boomerang untuknya.

- Bibir yang menawan, ialah bibir yang selalu mengeluarkan aksara santun dan senyum ketulusan dan bibir yang selalu basah dengan do’a, bukan bibir yang menggoda dengan segala bentuk kebinalan yang ditawarkan.

- Tubuh yang indah mempesona ialah tubuh yang terjaga dari liuk gemulai menantang birahi, serta tubuh yang terbungkus jiwa peredam kejolak syahwat setiap yang memandang.

- Kaki yang indah ialah kaki yang selalu menuntun langkah kita untuk selalu melangkah ketempat-tempat yang mampu menumbuhkan nilai kemanusian dan sosial. Bukan kaki yang menuntun langkah kita ke tempat-tempat yang senantiasa membuat kita dahaga dan menimbulkan keresahan di hati.

Sebagai penutup, menyimpulkan bahwa cantik itu ialah kecantikan dalam diri ( inner beauty ) setiap wanita yang terpancar dari kebaikan hatinya. Sepenggal kutipan,” Beauty is about accepting yourself for who you are. It’s about feeling secure about yourself. It’s about feeling so blessed that everyday we are given the chance to live. All those beautiful feeling and positive energy inside you,now that is what makes you beautiful." ( DAVINA VERONICA )

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More